Arti Hukum

Arti Hukum adalah peraturan yang mengatur kehidupan masyarakat, berisi perintah dan larangan yang bersifat memaksa dan dibuat oleh lembaga yang berwenang. Kira-kira demikianlah arti hukum secara sederhana. Berikut ini akan diuraikan beberapa hal mengenai arti hukum.

 

Arti Hukum

Arti hukum hingga saat ini belum menemukan kesepahaman. Telah banyak diantara para pakar hukum yang coba menerangkan arti hukum namun dianggap belum mampu mencakup segala hal mengenai hukum. Arti hukum menurut pakar-pakar hukum dapat anda lihat dalam artikel yang sebelumnya yang berjudul definisi hukum.

Arti hukum yang masih menjadi perdebatan tersebut tentu saja cukup menyulitkan bagi kalangan yang baru akan belajar mengenai hukum. Untuk itu diperlukan definisi hukum yang menjadi standar awal atau pedoman bagi kalangan baru tersebut untuk memudahkan mereka memahami ilmu hukum.

Arti hukum menurut pendapat beberapa pakar sulit untuk didefinisikan disebabkan beberapa hal. Ada yang menganggap bahwa ranah hukum terlalu luas sehingga hukum tidak dapat didefinisikan. Memberikan definisi berarti memberikan batasan terhadap sesuatu dengan maksud untuk menerangkan sesuatu tersebut. Hukum menjadi tidak dapat di definisikan karena cakupannya terlalu luas dan menjadi tidak mungkin untuk membatasi cakupan hukum tersebut dan dengan demikian, menjadi tidak mungkin pula untuk memberikan definisi atau arti hukum. Diantara pendapat tersebut ada juga yang menyatakan bahwa hukum itu sebenarnya sesuatu yang abstrak. Sesuatu yang abstrak tidak dapat didefinisikan.

 

Arti Hukum dalam Ilmu Hukum

Dari sekian banyak pendapat dari pakar hukum mengenai sulitnya mendefinisikan arti hukum, ada juga yang beranggapan bahwa hukum terlalu banyak aspek dan seginya. Arti hukum dapat diberikan tergantung dari sudut pandang mana kita melihat hukum tersebut. Untuk itu sebelum bisa memilih salah satu dari sekian banyak definisi atau arti hukum dari para pakar hukum, maka ada baiknya kita menentukan dulu dari sudut pandang mana kita akan memandang hukum.

Dari judul diatas mungkin anda sudah mendapatkan gambaran mengenai sudut pandang mana yang akan kita pilih untuk memberikan definisi atau pengertian atau arti hukum. Namun perlu dipahami bahwa arti hukum dalam ilmu hukum yang dimaksud disini juga hanyalah bertujuan untuk memudahkan mahasiswa mendapatkan gambaran awal mengenai ilmu hukum sebelum lebih lanjut mengkaji bidang-bidang ilmu hukum.

Arti hukum adalah :

Kumpulan atau himpunan atau seperangkat peraturan-peraturan yang mengatur kehidupan dalam masyarakat, yang berisi perintah-perintah dan larangan-larangan yang bersifat memaksa dan dibuat oleh lembaga yang berwenang, dimana pelanggaran terhadap peraturan tersebut akan mendapat sanksi.

 

Unsur dalam Arti Hukum

Arti hukum yang diberikan diatas memuat beberapa unsur-unsur penting sehingga sesuatu dapat dikatakan sebagai hukum atau bukan hukum. Unsur-unsur tersebut antara lain:

  • Peraturan yang mengatur kehidupan suatu masyarakat
  • Berisi perintah-perintah dan larangan-larangan
  • Bersifat memaksa
  • Dibuat oleh lembaga yang memiliki kewenangan
  • Pelanggarnya akan diberikan sanksi
Arti-Hukum
Arti Hukum

 

Arti Hukum dalam Masyarakat

Seseorang yang bernama Carl Von Savigny pernah membuat pernyataan yang cukup terkenal:

“Das Recht Wird Nicht Gemacht, Est Ist Und Wird Mit Dem Volke, yang berarti hukum itu tidak dibuat, tetapi tumbuh dan berkembang bersama masyarakat “

Pernyataan tersebut menyadarkan kita bahwa selama ini masyarakat justru sangat jarang yang menanyakan apa itu arti hukum? Seolah-olah masyarakat bahkan yang tidak pernah mengenai dunia akademik juga sudah mengetahui apa arti hukum yang sebenarnya. Mereka juga tidak peduli dengan arti hukum, tapi mereka peduli dan bahkan takut terhadap penegakan hukum itu sendiri ketika dia dalam keadaan bersalah.

Ada benarnya ketika dikatakan bahwa hukum itu tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Hukum sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat sehari-hari. Mungkin mereka jarang yang mengetahui apa itu arti hukum menurut para pakar hukum dan diantara masyarakat awam sangat jarang yang ingin mencari tahu apa itu arti hukum. Mereka juga tidak mengetahui seluruh isi peraturan-peraturan hukum yang berlaku dan mengatur mereka. Tapi mereka cukup memahami bahwa mereka harus taat dan patuh terhadap hukum karena berbagai alasan.

Demikian uraian singkat dari kami mengenai arti hukum, kami juga menyarankan anda untuk membaca artikel yang membahas mengenai filsafat dalam hukum, yang telah kami posting sebelumnya dengan judul filsafat hukum. Akhir kata, semoga artikel mengenai arti hukum ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


- apa arti hukum - - arti hukum -
    Share This Post !

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Arti Hukum"