Asas Hukum

Asas Hukum

Pengertian Asas Hukum

Asas hukum merupakan sebuah aturan dasar atau merupakan prinsip hukum yang masih bersifat abstrak. Dapat pula dikatakan bahwa asas hukum merupakan dasar yang melatarbelakangi suatu peraturan yang bersifat kongkrit dan bagaimana hukum itu dapat dilaksanakan.

Asas dalam bahasa inggris disebut dengan istilah principle sedangkan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia asas dapat berarti hukum dasar atau dasar yakni sesuatu yang menjadi tumpuan berpikir atau berpendapat. Selain itu, asas juga diartikan sebagai dasar cita-cita.

Asas hukum merupakan sesuatu yang sangat mendasar dalam hukum yang harus dipedomani. Peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan asas hukum. Demikian pula dengan implementasi atau pelaksanaan hukum dalam kehidupan sehari-hari serta segala putusan hakim harus senantiasa mengacu pada asas hukum tidak boleh bertentangan dengannya.

Terdapat beberapa pengertian yang diberikan oleh para ahli terhadap asas hukum, antara lain:

  • Asas dalam hukum menurut Van Scholten ialah sebuah kecenderungan yang disyaratkan oleh pandangan kesusilaan manusia pada hukum dan merupakan sifat umum dengan segala keterbatasannya sebagai pembawaannya, namun hal itu tidak boleh tidak harus ada.
  • Asas dalam hukum menurut Bellefroid merupakan norma dasar yang dijabarkan dari hukum positif dan yang oleh ilmu hukum tidak dianggap berasal dari aturan- aturan yang lebih umum.
  • Asas dalam hukum menurut Van der Velden yakni tipe putusan yang digunakan sebagai tolak ukur untuk menilai situasi atau digunakan sebagai pedoman berperilaku.
  • Asas dalam hukum menurut Van Eikema Hommes bukanlah norma-norma hukum konkrit tetapi adalah dasar pikiran umum atau petunjuk bagi hukum yang berlaku.

Berdasarkan yang diberikan oleh para ahli tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa :

â??asas hukum merupakan pikiran dasar yang umum dan bersifat abstrak serta bukan merupakan hukum yang kongkrit. Namun asas hukum terdapat dalam setiap sistem hukum dan menjelma dalam setiap hukum positif sehingga dapat ditemukan dengan menelusuri sifat-sifat umum dalam peraturan hukum.â?

Perbedaan Norma Hukum dan Asas Hukum

Norma hukum dan asas hukum adalah dua hal yang berbeda dalam ilmu hukum. Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara norma hukum dan asas  dalam hukum, sebagai berikut:

  • Secara bentuknya, norma hukum terdiri dari  peraturan yang nyata sedangkan asas hukum merupakan dasar pemikiran yang  bersifat umum dan abstrak;
  • Secara konseptual, norma hukum merupakan penjabaran atas ide atau konsepsi sedangkan asas hukum merupakan konsepsi dasar yang dijabarkan dalam norma hukum;
  • Aspek pemberian sanksi, pelanggaran terhadap norma hukum akan mendapatkan sanksi sedangkan asas hukum tidak memiliki sanksi.

Perbedaan tersebut diatas memberikan gambaran bahwa  yang jelas bahwa asas hukum merupakan dasar atas pembentukan peraturan hukum atau norma hukum sedangkan norma hukum itu sendiri berasal atau bersumber kepada asas hukum.

Asas HukumAda berbagai macam asas-asas  dalam hukum yang dapat kita jumpai dalam hukum pidana, hukum perdata, hukum administrasi negara dan lain sebagainya. Asas-asas dalam hukum tersebut tergolong sebagai asas-asas yang bersifat spesifik karena selain hanya terdapat dalam bidang hukum tertentu ada juga diantaranya yang hanya berlaku pada golongan masyarakat tertentu. Selain itu, terdapat pula asas-asas  dalam hukum yang bersifat universal  atau yang meliputi dan berlaku bagi seluruh bidang ilmu hukum.

Pembahasan mengenai asas dalam hukum akan kami ulas lebih dalam pada artikel selanjutnya. Demikian semoga artikel mengenai asas hukum bermanfaat bagi anda.


- asas hukum - - pengertian asas hukum -

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Asas Hukum"