Buku Hukum Tata Negara

Buku Hukum Tata Negara

 

Buku hukum tata negara merupakan salah satu bahan atau sumber yang sangat penting dalam mempelajari ilmu mengenai hukum tata negara. Selain sebagai bahan bacaan, buku hukum tata negara juga sangat penting sebagai referensi dalam penulisan suatu karya ilmiah mengenai hukum tata negara.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka pada kesempatan ini kami ingin berbagi informasi mengenai buku hukum tata negara yang menurut kami patut untuk dibaca oleh mereka yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai hukum tata negara atau mereka yang sedang menyusun karya tulis ilmiah yang terkait dengan hukum tata negara.

Menurut kami ada beberapa buku hukum tata negara yang cukup menarik dan sangat patut untuk dibaca. Berikut ini adalah sinopsis beberapa buku yang disadur dari situs lainnya.

 

Referensi Buku Hukum Tata Negara

Buku hukum tata negara pertama yang kami rekomendasikan adalah buku yang berjudul Hukum Tata Negara Indonesia (Edisi Revisi) oleh Ni’matul Huda. Buku ini diterbitkan oleh Rajawali Pers.

Secara umum buku ini membahas masalah hukum tata negara di Indonesia setelah reformasi dan setelah dilakukan perubahan Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Hingga saat ini Undang-Undang Dasar Tahun 1945 telah mengalami perubahan beberapa kali. Dalam perubahan tersebut, Negara Indonesia telah mengadopsi beberapa prinsip baru dalam sistem ketatanegaraan. Hal tersebut kemudian mengakibatkan perubahan yang besar pada bentuk dan model lembaga-lembaga negara yang ada di Indonesia hingga lahirnya beberapa lembaga negara yang baru, seperti Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yudisial.

Di Indonesia juga telah lahir beberapa lembaga negara independen yang kewenangannya berdasarkan perintah UUD, UU dan bahkan terdapat lembaga yang kewenangannya berasal dari keputusan presiden.

Selanjutnya, adalah buku yang berjudul â??Perdebatan Hukum Tata Negara: Pasca Amandemen Konstitusiâ? oleh Mahfud MD. Buku ini diterbitkan oleh Rajawali Pers. Buku ini membahas konteks-konteks masalah yang timbul dan mencuat dalam pembahasan amandemen terhadap Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Dengan demikian, kita dapat memahami latar belakang perubahan-perubahan yang terjadi dalam UUD 1945 demikian pula dapat memahami wacana yang menjadi landasan argumentasi perubahan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Buku-Hukum-Tata-Negara

Demikian artikel mengenai buku hukum tata negara ini dibuat, jika anda memiliki pendapat atau saran lain mengenai buku hukum tata negara yang ingin anda rekomendasikan, silahkan tuliskan pendapat anda disini.


Advertisement

No comments.

Leave a Reply