Contoh Hukum Adat

Contoh Hukum Adat

Contoh hukum adat yang akan diuraikan melalui artikel ini adalah contoh hukum adat yang masih berlaku di Negara Indonesia hingga hari ini. Contoh hukum adat tersebut dalam prakteknya dapat kita lihat di beberapa daerah di Indonesia.

Berikut ini kami akan uraikan beberapa contoh hukum adat di Indonesia.

Contoh Hukum Adat di Papua

Hukum adat di Papua lebih dihormati daripada hukum nasional, sehingga meskipun suatu peristiwa telah diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, masyarakat akan tetap meminta untuk memberlakukan hukum adat.

Contoh hukum adat di Papua yang diberlakukan kepada seseorang yang mengakibatkan seseorang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas adalah diminta untuk mengganti kerugian dengan uang dan ternak babi. Jumlah yang diminta dalam penggantian kerugian tersebut relatif besar sehingga bisa dipastikan akan memberatkan pelaku untuk membayar biaya ganti rugi dalam bentuk kas dan ternak babi.

Contoh Hukum Adat di Bali

Contoh hukum adat di Bali yang dapat diuraikan disini adalah yang berkaitan dengan waris. Dalam sistem pewarisan di Bali, anak laki-laki merupakan ahli waris dalam keluarga sedangkan anak perempuan hanya mempunyai hak untuk menikmati harta yang ditinggalkan orang tua atau suami. Hal ini disebabkan karena anak laki-laki dianggap memiliki tanggung jawab yang besar terhadap keluarga sedangkan anak perempuan harus dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar di lingkungan keluarga suami.

Pada tahun 2010, telah ada perubahan terhadap ketentuan hukum adat ini. Dimana perempuan juga dianggap berhak untuk menerima setengah dari hak waris purusa setelah dipotong sepertiga bagian untuk harta pusaka dan kepentingan pelestarian. Namun ketentuan tidak berlaku bagi perempuan Bali yang pindah ke agama lain. Hal ini didasarkan pada Keputusan Majelis Utama Desa Pakraman Bali (MUDP) Bali No. 01/KEP/PSM-3/MDP Bali/X/2010, tertanggal 15 Oktober 2010, tentang Hasil-hasil Pasamuhan Agung III MUDP Bali.

 Contoh-Hukum-Adat

Sebenarnya ada cukup banyak contoh hukum adat yang dapat kita temukan di Indonesia. Kami tidak akan mengurai terlalu banyak mengenai contoh hukum adat, karena jumlahnya yang relatif banyak di Negara kita. Hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat hukum adat yang masih dipelihara dan dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat.

Demikian artikel mengenai contoh hukum adat, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Advertisement

No comments.

Leave a Reply