Contoh Hukum Perdata

CONTOH HUKUM PERDATA

 

Contoh hukum perdata yang dimaksud disini adalah pengaturan-pengaturan yang termasuk dalam wilayah hukum perdata. Istilah hukum perdata sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas, namun biasanya masyarakat luas juga sulit membedakan yang mana contoh hukum perdata dan yang mana kasus hukum yang tidak masuk dalam kategori contoh hukum perdata.

Kegagalan dalam membedakan contoh hukum perdata dan pidana biasanya membuat masyarakat lalai dalam upaya menyelesaikan kasus sengketa tanah yang dihadapi dan seharusnya menjadi contoh hukum perdata, tetapi dipaksakan agar dapat diselesaikan menurut hukum pidana.

Sesungguhnya contoh hukum perdata sangat banyak karena hukum perdata memang sangat luas bidang kajiannya, bahkan masih terbagi lagi dalam beberapa bidang termasuk hukum perikatan, hukum benda dan lain sebagainya. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajak anda untuk mereview contoh hukum peerdata berdasarkan sistematika hukum perdata.

 

Contoh Hukum Perdata Berdasarkan Sistematika Hukum Perdata

Hukum perdata adalah hukum yang mengatur hubungan antara perorangan dalam masyarakat. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dibagi dalam 4 buku dengan sistematika sebagai berikut:

  • Buku pertama berisi pengaturan mengenai orang.
  • Buku kedua berisi pengaturan mengenai benda.
  • Buku ketiga berisi pengaturan mengenai perikatan.
  • Buku keempat berisi pengaturan mengenai pembuktian dan daluwarsa.

Berdasarkan materi pengaturan yang terkandung dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tersebut diatas, tampak bahwa materi pengaturan dalam hukum perdata sangat luas. Contoh hukum perdata tidak hanya sekedar yang berkaitan dengan sengketa tanah karena sengketa dalam suatu perjanjian juga termasuk dalam contoh hukum perdata.

Conttoh hukum perdata berdasarkan materi pengaturan dalam buku pertama adalah mengenai persyaratan seseorang sehingga dianggap cakap melakukan perbuatan hukum. Contoh hukum perdata yang termasuk di dalamnya adalah pengaturan mengenai perkawinan, namun mengenai perkawinan telah diatur secara lebih spesifik dalam Undang-Undang Tentang Perkawinan.

Contohh hukum perdata berdasarkan pengaturan dalam buku kedua adalah hak milik atas benda. Termasuk di dalamnya pengaturan mengenai pembagian warisan.

Contoh hukuum perdata berdasarkan pengaturan dalam buku ketiga  adalah wanprestasi dalam suatu perjanjian karena buku ketiga mengatur tentang perikatan yang didalamnya diatur tentang hak dan kewajiban seseorang dalam suatu perikatan.

Conntoh hukum perdata berdasarkan pengaturan dalam buku keempat adalah alat-alat pembuktian dalam hukum perdata serta akibat-akibat hukum yang timbul dari daluwarsa tersebut.

Contoh Hukum PerdataDemikian artikel mengenai contoh hukum perdata semoga bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Contoh Hukum Perdata"