Contoh Hukum

Contoh Hukum Privat dan Contoh Hukum Publik

 

Pengantar

Artikel ini dimaksudkan untuk membahas contoh hukum privat di Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan mengenai pengertian hukum privat dan contoh hukum privat itu sendiri, oleh karena ada banyak pertanyaan mengenai hukum privat beserta contoh hukum privat dan apa itu hukum publik serta apa contoh hukum publik yang kami terima melalui halaman feedback (contact us).

Sebelum kita melihat contoh hukum privat dan contoh hukum publik, maka ada baiknya jika kita mengenali terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan hukum privat dan apa yang dimaksud dengan hukum publik.

Pengertian Hukum Privat dan Hukum Publik

Hukum privat adalah peraturan hukum yang mengatur ketentuan mengenai hubungan antara perorangan dalam masyarakat atau dengan kata lain hukum privat mengatur hubungan antara seorang warga masyarakat dengan warga masyarakat yang lainnya. Sedangkan Hukum publik adalah peraturan hukum yang mengatur ketentuan mengenai kepentingan yang umum atau kepentingan masyarakat.

Berdasarkan pengertian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan antara hukum privat dan hukum publik terletak pada subyek hukumnya, dimana hukum privat subyek hukumnya adalah kepentingan perorangan dan pada umumnya kita mengenal contoh hukum privat adalah hukum perdata sedangkan hukum publik subyek hukumnya adalah kepentingan umum atau masyarakat luas dan pada umumnya kita mengenal contoh hukum publik adalah hukum pidana.

Dalam ilmu hukum sesungguhnya telah lama dilakukan pembedaan antara hukum privat dan hukum publik, oleh karenanya pembagian antara hukum privat dan hukum publik tersebut juga sering disebut sebagai pembagian klasik. Selanjutnya perbedaan lebih dalam lagi menurut pembagian klasik antara hukum privat dan hukum publik adalah sebagai berikut:

Pertama : pengaturan dalam hukum publik mengatur mengenai bertentangannya kepentingan antara kedua belah pihak dimana salah satu pihak diantaranya adalah penguasa atau aturan yang telah dibuat oleh penguasa atau pemerintahan. Sedangkan dalam hukum privat para pihak yang bertentangan adalah perorangan warga masyarakat dengan warga masyarakat lainnya.

Kedua:  pengaturan dalam hukum publik adalah pengaturan yang bersifat memaksa sedangkan pengaturan dalam hukum privat adalah pengaturan yang pada umumnya bersifat melengkapi.

Ketiga: berdasarkan tujuan pengaturannya, maka pengaturan dalam hukum publik tujuan pengaturannya adalah untuk mengatur dan melindungi kepentingan masyarakat pada umumnya sedangkan pengaturan dalam hukum privat tujuan pengaturannya adalah untuk mengatur dan melindungi kepentingan orang perorang atau perorangan warga masyarakat.

Keempat: dari aspek hubungan hukum, maka pengaturan dalam hukum publik adalah mengatur hubungan hukum antara negara dan individu masyarakat sedangkan hukum privat mengatur hubungan hukum antara masing-masing warga masyarakat dengan warga masyarakat lainnya.

Contoh HukumPembedaan sebagaimana dimaksud diatas disebut dengan pembagian klasik karena perbedaan tersebut pada masa sekarang ini dirasakan sudah tidak relevan lagi dan dalam contoh hukum privat dan contoh hukum publik telah mengalami banyak perkembangan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka perbedaan tersebut diatas dapat disederhanakan menjadi adanya perbedaan kedudukan antara para pihak dalam hubungan hukum. Hukum privat adalah pengaturan hukum yang mengatur hubungan antara subyek hukum yang memiliki kedudukan sederajat sedangkan hukum publik adalah pengaturan hukum yang mengatur hubungan antara subyek hukum yang kedudukannya tidak sederajat.

Setelah mendapat gambaran mengenai perbedaan antara hukum privat dan publik maka dengan demikian kita telah dapat mengidentifikasi bidang-bidang ilmu hukum mana saja yang dapat menjadi contoh hukum privat dan contoh hukum publik.

Contoh Hukum Privat

Contoh hukum privat adalah :

  • Hukum Perdata
  • Hukum Dagang
  • Bidang lainnya untuk pengaturan tertentu

Contoh Hukum Publik

Contoh hukum publik adalah:

  • Hukum Pidana
  • Hukum Tata Negara
  • Hukum Administrasi Negara
  • Dan lain sebagainya

Demikian artikel mengenai contoh hukum privat dan contoh hukum publik semoga bermanfaat bagi anda.


- contoh hukum publik dan hukum privat -

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Contoh Hukum"