Contoh Kasus Hukum

Contoh Kasus Hukum

 

Contoh kasus hukum terkadang dibutuhkan untuk memudahkan kita mempelajari suatu bidang hukum. Pada kesempatan ini kami akan coba untuk berbagi contoh kasus hukum yang terkait dengan hukum bisnis. Semoga contoh kasus hukum berikut ini dapat menjadi referensi yang berguna.

 

Contoh Kasus Hukum: Masalah Hukum dalam Bisnis

Perusahaan X dan Perusaahaan Y bergerak dibidang jasa dan telekomunikasi. Kedua perusahaan ini kalah bersaing dengan perusahaan Z  yang juga bergerak di bidang jasa telekomunikasi. Untuk memenangi persaingan tersebut, perusahaan X dan Y sepakat membuat perjanjian menetapkan harga pasar dan mempengaruhi harga serta mengatur produksi dan pemasaran. Selain itu kedua perusahaan juga sepakat untuk membagi wilayah pemasaran atau alokasi pasar atas produk jasa masing-masing. Ini dimaksudkan untuk menyaingi perusahaan Z tersebut. Bolehkah yang dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut? Bagaimana analisis contoh kasus hukum tersebut?

 

Jawaban Contoh Kasus Hukum Bisnis

Agar bisa menjawab contoh kasus hukum bisnis diatas ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu, seperti:

Pelaku usaha menurut UU No. 5 Tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat adalah setiap orang perorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia, baik sendiri maupun bersama-sama melalui perjanjian, menyelenggarakan berbagai kegiatan usaha dalam bidang ekonomi.

Perjanjian adalah suatu perbuatan satu atau lebih pelaku usaha untuk mengikatkan diri terhadap satu atau lebih pelaku usaha lain dengan nama apapun, baik tertulis maupun tidak tertulis.

Pasar adalah lembaga ekonomi dimana para pembeli dan penjual baik secara langsung maupun tidak langsung dapat melakukan transaksi perdagangan barang dan atau jasa.

Harga pasar adalah harga yang dibayar dalam transaksi barang dan atau jasa sesuai kesepakatan antara para pihak di pasar bersangkutan.

UU No. 5 Tahun 1999 mengatur beberapa hal mengenai perjanjian yang dilarang, seperti:

Dalam pasal 5, disebutkan bahwa:

  1. Pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya untuk menetapkan harga atas suatu barang dan atau jasa yang harus dibayar oleh konsumen atau pelanggan pada pasar bersangkutan yang tidak sama.
  2. Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) tidak berlaku bagi:
  3. Suatu perjanjian yang dibuat dalam suatu usaha patungan; atau
  4. Suatu perjanjian yang didasarkan undang-undang yang berlaku.

 

Pasal 9 UU No. 5 Tahun 1999

Pelaku usaha dilarang membuat perjanjian dengan pelaku usaha pesaingnya, yang bermaksud untuk mempengaruhi harga dengan mengatur produksi dan atau pemasaran suatu barang dan jasa, yang dapat mengakibatkan terjadinya praktik monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat.

Contoh-Kasus-HukumDari uraian contoh kasus hukum diatas, maka dapat dipahami bahwa perusahaan X dan perusahaan Y yang bergerak di bidang jasa dan telekomunikasi telah melanggar pasal-pasal diatas. Kedua perusahaan sepakat melakukan penetapan harga dan ini telah melanggar ketentuan pasal  5 UU Nomor 5 Tahun 1999. Kemudian juga menetapkan perjanjian wilayah pemasaran dan mengatur produksi atau pemasaran suatu barang yang berarti melanggar pasal 11 UU Nomor 5 Tahun 1999.

Perjanjian yang diciptakan oleh kedua perusahaan itu tidak diperbolehkan karena bisa mengakibatkan praktik monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat. Kedua perusahaan ini bisa dikenakan sanksi. Namun dalam hal ini, sanksi diberikan setelah adanya laporan dari masyarakat atau pihak-pihak yang merasa dirugikan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha.

Contoh kasus hukum diatas merupakan contoh kasus hukum bisnis. Masih banyak lagi contoh kasus hukum yang dapat dikaji untuk dijadikan sebagai referensi. Demikian artikel mengenai contoh kasus hukum ini dibuat semoga bermanfaat bagi kita semua.


- contoh kasus hukum dalam bisnis internasional dan analisis penyelesaian -

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Contoh Kasus Hukum"