Hukum Indonesia Saat Ini

Hukum Indonesia saat ini harus bangkit. Hasil survey menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum di Indonesia saat ini masih rendah. Perlu kerja keras dari aparat penegak hukum dan partisipasi masyarakat untuk mengangkat dan membersihkan wajah hukum Indonesia. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap hukum adalah hal yang sangat penting bagi penegakan hukum itu sendiri. Kepercayaan bahwa hukum mampu melaksanakan fungsi dan mewujudkan tujuannya, adalah faktor penting untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat untuk mematuhi norma-norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya mari kita simak uraian megenai kondisi hukum Indonesia saat ini.

 

Hukum Indonesia Saat Ini

Informasi mengenai kondisi hukum Indonesia saat ini telah dapat diketahui dengan cepat oleh masyarakat luas. Media massa telah memainkan peran yang cukup baik dalam mengabarkan dan menyebarluaskan informasi yang terbaru mengenai berbagai kejadian atau peristiwa yang terkait dengan penegakan hukum Indonesia saat ini. Oleh karena itu pula, masyarakat Indonesia mulai dari pelosok pedesaan hingga ke gedung-gedung tinggi di perkotaan, selama mereka sering mengakses informasi hukum melalui media massa, telah dapat memberikan opini terkait dengan hukum Indonesia saat ini.

 

Dua Sisi Hukum Indonesia Saat Ini

Terdapat dua sisi asumsi yang dapat timbul bila kita mencermati kondisi hukum Indonesia saat ini sehubungan dengan publikasi melalui media massa.

Pertama: terungkapnya sejumlah kasus yang di blow-up melalui media massa kepada masyarakat luas sebenarnya telah menunjukkan adanya kemajuan dalam hal penegakan hukum. Sebelum kasus makelar pajak Gayus Tambunan terungkap kita mungkin tidak pernah menyangka bahwa di Kantor Pajak terdapat kegiatan yang telah merugikan keuangan negara. Menyusul kemudian kasus lainnnya yang populer dengan istilah rekening gendut PNS.

Beberapa kasus lainnya seperti, terungkapnya kasus korupsi yang menyeret anggota DPR RI, dan aparat penegak hukum di Kejaksaan dan Pengadilan sebenarnya merupakan suatu reputasi baru dalam upaya penegakan hukum di Indonesia. Membongkar kasus yang melibatkan aparat penegak hukum dan pejabat negara merupakan suatu prestasi yang cukup baik dalam upaya penegakan hukum. Itulah sisi pertama dari perkembangan hukum Indonesia saat ini.

Kedua: terungkapnya sejumlah kasus yang melibatkan aparat penegak hukum juga membuat kita cukup tersentak karena ternyata penyakit yang diderita oleh Negara ini sudah sangat dalam dan parah. Mulai dari anggota DPR, Kepala Daerah sampai dengan pengadilan ternyata selama ini menyimpan borok yang merusak tatanan hukum di Indonesia. Terbongkarnya kasus hukum yang melibatkan aparat penegak hukum di Indonesia justru kemudian mengurangi tingkat kepercayaan terhadap upaya penegakan hukum sendiri.

 

Hukum-Indonesia-Saat-Ini
Hukum Indonesia Saat Ini

 

Penilaian Terhadap Hukum Indonesia Saat Ini

Hasil survey yang diadakan oleh Lembaga Survey Indonesia mengenai penilaian terhadap penegakan hukum di Indonesia yang dilaksanakan pada pertengahan bulan desember 2011 terhadap 1.220 responden yang tersebar di 33 Provinsi di Indonesia, menyebutkan bahwa hanya sebanyak 33 persen dari responden yang memberikan penilaian baik dan sangat baik. Sementara jumlah responden yang memberikan penilaian buruk dan sangat buruk adalah sebanyak 43 persen.

Hasil survey tersebut menunjukkan rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum Indonesia saat ini. LSI juga mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2005 sampai dengan tahun 2011, penilaian masyarakat terhadap upaya penegakan hukum selalu positif dan baru kali ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap upaya penegakan hukum Indonesia saat ini benar-benar jatuh.

Masyarakat mungkin juga telah banyak mengikuti perkembangan dan menilai bahwa dibalik terungkapnya beberapa kasus besar yang melibatkan “orang-orang besar” upaya penegakan hukum juga masih lemah dan berjalan lambat. Apalagi bila dibandingkan dengan perlakuan hukum terhadap beberapa kasus yang menimpa masyarakat kecil, seperti kasus nenek minah, prita mulyasari, sandal jepit dan beberapa kasus lainnya.

Selain itu, berdasarkan data Governance Indicator World Bank 2011, Indonesia merupakan negara yang demokrasinya belum mengalami kemajuan yang cukup berarti selama 10 tahun terakhir ini. Indikatornya masih negatif. Tingkat korupsi masih tinggi dan terdapat inefisiensi penyelenggaraan negara. Selain itu, regulasi atau peraturan hukum di Indonesia kurang berkualitas dan kepastian hukumnya rendah. Kondisi yang demikian bila terus dipertahankan akan membuat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap upaya penegakan hukum di Indonesia akan semakin menurun.

Itulah kondisi hukum Indonesia saat ini. Jika anda membutuhkan referensi artikel yang membahas mengenai hukum Indonesia, kami sarankan anda untuk membaca uraian mengenai hukum Indonesia yang pluralisme, yang telah kami posting sebelumnya dengan judul Hukum Indonesia yang Pluralisme. Demikian semoga artikel mengenai hukum Indonesia saat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apakah anda punya pendapat lain mengenai bagaimana hukum Indonesia saat ini? Silahkan ketik di kolom komentar.

    Share This Post !

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Hukum Indonesia Saat Ini"