Hukum Indonesia Yang Pluralisme

Hukum Indonesia yang pluralisme telah menjadi kendala bagi penjajah dalam memberlakukan hukum belanda di Negara jajahan Indonesia, menurut asas konkordansi. Namun saat ini, hukum Indonesia yang pluralisme itu juga menjadi tantangan untuk mewujudkan kesatuan hukum atau apa yang sering diistilahkan dengan unifikasi hukum Indonesia.

Selanjutnya mari kita simak uraian singkat mengenai hukum Indonesia yang pluralisme.

 

Hukum Indonesia Yang Pluralisme

Hukum Indonesia yang pluralisme merupakan salah satu kendala untuk mewujudkan unifikasi hukum. Meski demikian, hukum Indonesia yang pluralisme tersebut bukan pula merupakan kendala untuk mewujudkan tujuan hukum. Negara kita adalah negara yang pada dasarnya majemuk dan pada sisi yang lain Negara ini juga telah mendeklarasikan kemajemukan tersebut sebagai kekayaan yang sangat berharga.

 

Hukum Indonesia yang Pluralisme atau Unifikasi

Unifikasi atau keseragaman keberlakuan hukum di satu sisi akan memberikan dorongan yang kuat untuk membangun sistem hukum yang terstruktur rapi dan sistematis. Namun disisi lain, dalam masyarakat majemuk unifikasi hukum tersebut akan sangat sulit diterima. Hal ini disebabkan karena setiap komunitas dalam masyarakat memiliki latar belakang sejarah masing-masing, dimana nilai-nilai sosial tumbuh dan berkembang bersama masyarakat tersebut.

Suatu norma hukum hanya dapat berlaku secara efektif apabila norma hukum tersebut telah sesuai dengan rasa keadilan dalam masyarakat. Keadaan yang demikian, akan membuat suatu norma akan dipatuhi dan dihargai oleh masyarakat. Norma hukum yang diberlakukan tanpa mempertimbangkan rasa keadilan masyarakat akan sulit untuk dipatuhi karena jauh dari kesadaran hukum masyarakat.

 

Latar Belakang Hukum Indonesia yang Pluralisme

Hukum Indonesia yang pluralisme juga memiliki latar belakang sejarah. Sejak lama di Negara ini telah berlaku apa yang dinamakan hukum adat. Setiap komunitas masyarakat memiliki kebiasaan dan aturan yang selalu dijaga dan dihormati serta ditegakkan. Hukum Indonesia yang pluralisme tersebut semakin beragam dengan berkembangnya ajaran islam yang kemudian menjadi hukum positif di Kerajaan atau Kesultanan Islam di seluruh Nusantara.

 

Hukum-Indonesia-Yang-Pluralisme
Hukum Indonesia Yang Pluralisme

 

Hukum Indonesia yang pluralisme tersebut juga menjadi kendala bagi penjajah belanda untuk memberlakukan peraturan hukum yang seharusnya diberlakukan pula di Negara jajahan berdasarkan asas konkordansi. Tidak disemua tempat di tanah air hukum belanda tersebut dapat diberlakukan. Bahkan dalam beberapa kesempatan pemberlakuan hukum dari belanda harus berkompromi dengan hukum Indonesia yang pluralisme.

Persoalannya sekarang adalah komunitas masyarakat atau bangsa-bangsa di seluruh wilayah nusantara telah bergabung dan berdiri menjadi sebuah Negara Indonesia. Kekayaan hukum Indonesia yang pluralisme tersebut harus tetap dihargai dan bahkan dibingkai menjadi bagian dari hukum nasional Indonesia.

Indonesia telah melangkah lebih jauh dalam pelaksanaan otonomi daerah dengan memberikan kewenangan kepada setiap daerah di Indonesia untuk membentuk hukum, yakni peraturan daerah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta kondisi yang obyektif di setiap daerah di Indonesia. Hal tersebut dibolehkan sepanjang materi muatan dalam peraturan daerah tersebut tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang hirarkinya lebih tinggi.

Pemberian kewenangan tersebut dapat dipandang sebagai upaya untuk menghargai dan menghormati nilai-nilai dan rasa keadilan dalam masyarakat lokal di setiap daerah di Indonesia. Namun, pemberian kewenangan tersebut, harus berhadapan dengan tantangan bahwa norma hukum yang dituangkan dalam peraturan daerah belum tentu dapat sejalan dengan ketentuan hukum nasional atau yang hirarkinya lebih tinggi.

Perlu kerja keras untuk mengkombinasikan antara hukum lokal dan nasional dalam sistem hukum di Indonesia dan itulah yang menjadi tantangan hukum Indonesia yang pluralisme saat ini. Sebagai tambahan referensi, kami merekomendasikan kepada anda artikel mengenai hukum Indonesia lainnya, yang telah kami posting sebelumnya dengan judul Hukum Indonesia Tidak Adil. Demikian, semoga artikel mengenai hukum Indonesia yang pluralisme dapat bermanfaat bagi kita semua.

    Share This Post !

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Hukum Indonesia Yang Pluralisme"