Kasus Hukum Bank Century

Kasus Hukum Bank Century

Kasus hukum bank century merupakan salah satu kasus yang sangat heboh belakangan ini. Dalam kasus hukum bank century diduga telah terjadi pelanggaran oleh sejumlah pejabat pemerintah saat mengeluarkan dana talangan bagi bank-bank bermasalah dengan nilai sebesar. 6,7 Trilyun rupiah. Hingga saat ini kasus hukum bank century masih dalam proses dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan beberapa tersangka. Diantara kedua tersangka tersebut adalah mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia  Siti CH Fadjriah dan Deputi Gubernur BI Budi Mulya.

 

Kasus Hukum Bank Century Versus Kasus Politik

Perkembangan kasus hukum bank century saat ini telah menyebutkan nama wakil presiden RI, Boediono yang diduga juga terlibat dalam kasus pengucuran dana talangan tersebut. Hal ini membuat kasus hukum bank century dapat menjadi kasus politik. Dalam konteks ketatanegaraan, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia  dapat menggunakan hak angket atau hak menyatakan pendapat terhadap dugaan keterlibatan wakil presiden Boediono dalam kasus tersebut. Hal inilah yang diwacanakan oleh sejumlah kalangan di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, yakni adanya keinginan untuk menggunakan hak menyatakan pendapat sehingga dapat memeriksa keterlibatan Wakil Presiden Boediono dalam kasus bank century.

Secara hukum, komisi pemberantasan korupsi dapat melakukan pemeriksaan terhadap wakil Presiden Boediono terkait dengan tindak pidana korupsi. Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi. Namun dalam konteks ketatanegaraan, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia juga memiliki hak angket dan hak untuk menyatakan pendapat sebagaimana diatur dalam Undang-undang.

Dalam perkembangan terakhir, wacana penggunaan hak untuk menyatakan pendapat yang sempat digelindingkan di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tidak berjalan mulus. Partai politik yang tergabung dalam fraksi-fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia rupanya lebih memilih untuk konsisten terhadap hasil panitia khusus century yang pernah dibentuk oleeh DPR RI, dengan mendorong penyelesaian kasus hukum bank century kepada proses hukum.

Kasus-Hukum-Bank-CenturyDengan demikian, upaya penyelesaian kasus hukum bank century tetap akan diserahkan kepada proses hukum, yang berarti memberikan kesempatan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi untuk kembali menunjukkan taringnya dalam membasmi para koruptor di Indonesia.

Demikian ulasan singkat dari kami mengenai kasus hukum bank century, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


- kasus indonesia politik dan hukum com/ -

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Kasus Hukum Bank Century"