Kasus Hukum Lingkungan

Kasus Hukum Lingkungan

 

Kasus hukum lingkungan di Indonesia bukan lagi merupakan hal yang baru. Bahkan telah menjadi wacana yang senantiasa dipersoalkan oleh masyarakat sebagai pihak yang paling sering dirugikan dengan adanya pencemaran dan terjadinya kasus hukum lingkungan. Kasus hukum lingkungan dewasa ini sangat marak terjadi sehingga membutuhkan penanganan yang serius, terpadu dan menyeluruh.

Dalam ketentuan mengenai hukum lingkungan telah diatur norma-norma mengenai tindakan dan perbuatan manusia yang bertujuan untuk melindungi lingkungan agar tidak terjadi pencemaran atau tindakan yang mengakibatkan merosotnya kualitas lingkungan. Lingkungan harus dijaga kualitasnya agar dapat memberikan manfaat secara langsung bagi manusia yang hidup saat ini maupun bagi generasi manusia berikutnya di masa depan.

Maraknya kasus hukum lingkungan merupakan ancaman yang luar biasa terhadap keberlangsungan kehidupan manusia. Sewaktu-waktu, kerusakan lingkungan dapat mengakibatkan bencana. Oleh karena itu tidak salah apabila beberapa pakar mengusulkan agar kasus hukum lingkungan dianggap sebagai kejahatan luar biasa, sehingga dapat ditangani secara serius dengan penerapan sanksi yang lebih berat.

 

Penegakan Hukum dalam Kasus Hukum Lingkungan

Harus diakui bahwa penegakan hukum dalam kasus hukum lingkungan hingga saat ini masih lemah. Hal ini dapat dilihat dari masih maraknya aksi-aksi protes warga masyarakat terhadap berbagai kasus hukum lingkungan. Ada banyak faktor yang melemahkan penegakan hukum dalam kasus hukum lingkungan, diantaranya adalah kualitas sumber daya manusia serta minimnya waktu dan biaya yang dimiliki oleh aparat penegak hukum.

Sehubungan dengan kualitas sumber daya manusia, maka kasus hukum lingkungan sesungguhnya adalah sangat rumit dan kompleks. Aparat penegak hukum perlu memahami dengan baik seluruh aspek yang berkaitand dengan suatu kasus hukum lingkungan. Dibutuhkan keahlian tertentu yang mungkin atau bisa jadi sulit untuk dipahami oleh aparat penegak hukum, apalagi bila harus didistribusikan sampai ke tingkat daerah, dimana persoalan lingkungan kerap terjadi. Kendala ini tentu saja dapat diatasi dengan membangun kerja sama dengan para ahli hukum dan lingkungan dengan melibatkan mereka dalam suatu upaya penyelesaian kasus hukum lingkungan.

Penegakan hukum lingkungan juga mesti akan terkendala dengan waktu dan anggaran yang dibutuhkan. Teknologi yang diperlukan dalam penelitian untuk menentukan sumber, lokasi dan waktu kejadian secara persis juga bukan peralatan umum yang berharga murah dan dapat dioperasikan oleh semua aparat. Selain itu penelitian terhadap suatu kasus hukum lingkungan juga tentu saja membutuhkan waktu yang cukup lama agar dapat diperoleh data yang akurat sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Kasus-Hukum-LingkunganTerlepas dari adanya kendala yang dihadapi dalam penegakan hukum lingkungan, pada dasarnya memang masih dibutuhkan adanya format penegakan hukum lingkungan yang lebih efektif. Kita menantikan itu. Demikian artikel mengenai kasus hukum lingkungan semoga bermanfaat bagi kita semua.


Advertisement

One Response to “Kasus Hukum Lingkungan”

  1. Fakultas Hukum UII

    Dec 14. 2012

    Selamat berprestasi
    maju terus
    pantang mundur

    Reply to this comment

Leave a Reply