Kasus Hukum

KASUS HUKUM

 

Tersangkut kasus hukum

Tersangkut dalam sebuah kasus hukum adalah mimpi buruk bagi sebagian besar masyarakat. Apalagi bila mereka yang tersangkut kasus hukum tersebut adalah orang yang awam terhadap hukum. Ketidaktahuan terhadap hukum tersebut akan membuat seseorang yang tersangkut kasus hukum akan langsung membayangkan betapa sulitnya harus berurusan dengan aparat penegak hukum. Terlebih lagi jika melihat praktek hukum di Indonesia yang dalam menyelesaikan kasus hukum masih harus melewati birokrasi yang berbelit-belit, membutuhkan waktu lama dan biaya yang terkadang masih sulit dijangkau.

Saat berhadapan dengan suatu kasus hukum seseorang akan cenderung mencari jalan damai. Prinsipnya asal tidak dipersulit dan tidak berbelit-belit sehingga tidak perlu mengganggu ketenangan hidup. Kecenderungan seperti ini juga seringkali menjadi incaran oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Jika hal itu terjadi maka tidak menutup kemungkinan anda untuk selanjutnya dan bisa jadi dalam jangka waktu yang lama akan mesin ATM bagi si oknum. Hari ini bisa jadi damai. Namun kasus tersebut  masih menjadi bagian dari catatan hidup anda yang setiap saat  dapat diangkat kembali sehingga dapat mengancam karir dan nama baik seseorang. Pertimbangkanlah selalu untuk menyelesaikan kasus hukum yang anda hadapi secara baik dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku, bukan dengan membuat kesalahan baru yang dapat mengganggu ketenangan hidup anda di kemudian hari.

Cermati kasus hukum anda

Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan seseorang dapat tersangkut dalam kasus hukum, antara lain anda memang telah melakukan perbuatan melawan hukum dan anda tertangkap karena perbuatan itu baik tertangkap tangan atau karena laporan orang lain atau mungkin anda adalah orang yang dijebak oleh orang lain sehingga terlibat dalam suatu kasus hukum.

Anda perlu jeli dan waspada saat sedang berhadapan dengan suatu proses hukum karena kesalahan dalam memberikan keterangan dan atau tindakan pada saat diperiksa  dapat membuat  status anda  menjadi tersangka untuk suatu kasus hukum yang tidak anda lakukan. Untuk itu anda perlu mempertimbangkan dengan baik untuk meminta kuasa hukum atau pengacara apabila anda benar-benar  bingung atau ragu dengan suatu kasus hukum yang sedang anda hadapi.

Jangan sampai teledor dan lalai dalam menanggapi suatu kasus hukum yang menimpa anda. Tidak sedikit orang-orang yang dapat dijadikan contoh menjadi terhukum meskipun pada dasarnya mereka tidak terlibat dalam suatu kasus hukum atau kasus yang menimpanya masih memungkinkan untuk mendapatkan advokasi dan keringanan hukuman. Mereka yang  lalai dan bermasa bodoh akhirnya harus menerima hukuman yang berat.

Ketahui hak dan kewajiban anda

Ingatlah bahwa di Indonesia, semua orang memiliki kedudukan yang sama dihadapan hukum. Anda meskipun menjadi terperiksa dalam suatu kasus hukum juga memiliki hak dan kedudukan yang sama dengan orang lain. Setiap orang bisa tersangkut dalam kasus hukum namun setiap orang juga memiliki hak yang sama dihadapan hukum.

Kasus-HukumSaat menjadi terperiksa, anda perlu mengetahui hak dan kewajiban yang anda miliki sebagai terperiksa. Ingat bahwa menjadi terperiksa atau tersangka bukan berarti kehilangan semua hak anda. Sekali lagi jika anda ragu maka anda perlu memanfaatkan kuasa hukum dari kantor lembaga bantuan hukum. Biasanya ada yang memberikan bantuan hukum secara gratis untuk masalah hukum pidana.

Beberapa waktu mendatang status hukum akan mengupas beberapa tips bagi anda saat tertimpa suatu kasus hukum yang disadur dari sebuah buku mengenai tips menghadapi kasus pidana.

Demikian artikel mengenai kasus hukum semoga bermanfaat bagi anda.

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Kasus Hukum"