Kompilasi Hukum Islam

Kompilasi Hukum Islam

 

Kompilasi Hukum Islam atau yang disingkat KHI adalah sekumpulan materi hukum Islam yang ditulis pasal demi pasal. Jumlah pasal yang terdapat dalam kompilasi hukum islam adalah 229 pasal. Kompilasi hukum islam terdiri atas tiga kategori materi hukum, antara lain: Hukum Perkawinan yang terdiri dari 170 pasal, Hukum Kewarisan termasuk wasiat dan hibah yang terdiri dari 44 pasal dan Hukum Perwakafan yang terdiri dari 14 pasal. Dalam kompilasi hukum islam tersebut juga ditambahkan satu pasal sebagai ketentuan penutup yang berlaku untuk ketiga kategori materi hukum tersebut.

 

Latar Belakang Penyusunan Kompilasi Hukum Islam

Kompilasi hukum islam disusun berdasarkan Keputusan bersama Ketua Mahkamah Agung dan Menteri Agama Nomor: 07/KMA/1985 tentang Penunjukan Pelaksana Proyek Pembangunan Hukum Islam melalui Yurisprudensi, tertanggal 21 Maret 1985.

Pada bagian konsiderans keputusan tersebut tercermin pertimbangan untuk melaksanakan kegiatan tersebut, diantaranya disebutkan bahwa sesuai dengan fungsi pengaturan Mahkamah Agung Republik Indonesia terhadap jalannya peradilan disemua lingkungan peradilan di Indonesia, khususnya di lingkungan Peradilan Agama, perlu mengadakan Kompilasi Hukum Islam yang selama ini menjadikan hukum positif di Pengadilan Agama. Selanjutnya disebutkan pula bahwa untuk dapat mewujudkan hal tersebut, dan untuk meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas, sinkronisasi dan tertib administrasi dalam proyek pembangunan Hukum Islam melalui Yurisprudensi, di pandang perlu membentuk suatu tim proyek yang susunannya terdiri dari para Pejabat Mahkamah Agung dan Departemen Agama Republik Indonesia.

Sehubungan dengan latar belakang penyusunan, menurut KH. Hasan Basry hal tersebut merupakan suatu keberhasilan besar. Oleh karena nantinya umat Islam di Indonesia akan memiliki pedoman fiqih yang seragam dan yang menjadi hukum positif sehingga harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Selain itu, keberadaan kompilasi hukum islam juga diharapkan dapat mengakhiri adanya kesimpangsiuran keputusan dalam lembaga-lembaga Peradilan Agama dan sebab-sebab khilaf yang disebabkan oleh masalah fiqih.

 

Download Kompilasi Hukum Islam

Untuk dapat mempelajari materi yang dimuat dalam kompilasi hukum islam, anda dapat mendownload file tersebut melalui link download berikut ini:

 Kompilasi-Hukum-Islam

Download Kompilasi Hukum Islam

File tersebut kami upload dalam format zip. Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan proses download dan meringankan kerja server. Selain itu format zip juga dapat mencegah search engine membacanya sebagai duplikat konten yang dapat merugikan situs sumber. Untuk dapat membuka file tersebut, anda terlebih dahulu harus mengekstraknya.

Demikian, semoga artikel mengenai kompilasi hukum islam ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Kompilasi Hukum Islam"