Mafia Hukum

MAFIA HUKUM

Mafia hukum telah menjadi kosakata baru dalam dunia hukum di Indonesia. Istilah mafia hukum adalah istilah yang sering diulas melalui media massa sehingga menjadi ramai pula di kalangan masyarakat. Mungkin sebagian besar masyarakat tidak memahami pengertian yang benar bagi istilah mafia hukum yang dimaksud. Namun, tampaknya masyarakat cukup dapat memahami bahwa mafia hukum merujuk pada penjahat  atau mereka yang berbuat kejahatan dengan mempermainkan hukum.

Mafia merupakan sebuah singkatan yang kemudian menjadi istilah umum dan diidentikkan dengan gerombolan penjahat (Gangster). Istilah mafia berasal dari Negara Italia. M.A.F.I.A adalah singkatan dari Morte Alla Francia Italia Anela yang berarti Bunuh Orang-Orang Perancis adalah Seruan Italia. Mafia merupakan organisasi gerakan politik patriotik yang dibentuk di Kota Pallermo, Italia pada tahun 1928. Organisasi mafia dibentuk dengan tujuan untuk membebaskan Sicilia dari penguasaan dan dominasi orang asing, yakni Perancis. Belakangan organisasi mafia mengembangkan kegiatannya dengan melakukan kejahatan.

Mafia Hukum di Indonesia

Kini mafia juga telah hadir di Indonesia. Namanya mafia hukum. Mafia hukum di Indonesia memiliki banyak jenis dan bergerak di beberapa bidang. Diantaranya ada yang dikenal sebagai mafia peradilan, mafia pajak dan lain sebagainya.

Apa akibat yang dapat ditimbulkan oleh keberadaan mafia hukum ini terhadap sistem hukum di Indonesia?

Permainan oleh mafia hukum akan membuat penegakan hukum di Indonesia  seperti panggung sandiwara. Kita akan melihat seolah-olah proses penegakan hukum berjalan dengan baik, padahal itu semua hanya merupakan simulasi dari para aktor mafia hukum yang merancangnya agar terlihat indah. Masyarakat akan disuguhi tontonan mengenai keadilan yang sedang berupaya diwujudkan oleh hukum, padahal itu sesungguhnya adalah keadilan yang bias dan menyimpang. Mafia hukum akan membangun citra yang baik mengenai hukum sehingga masyarakat berharap kepadanya, meski di sisi lain akan tetap menjadi rahasia umum, bahwa hukum itu dapat dibeli dan diatur sesuka hati oleh orang-orang atau kalangan tertentu.

Untuk memberantas mafia hukum di Indonesia, Negara telah membentuk satuan tugas pemberantasan mafia hukum, yang terdiri dari enam orang-orang pilihan. Selain itu, Presiden telah menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia yang menjadi korban mafia hukum agar segera  melaporkan diri dan memberi keterangan melalui PO BOX 9949 Jakarta 1000.

Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum atau yang lebih dikenal dengan satgas pemberantasan mafia hukum bertugas untuk memantau penyimpangan ketentuan hukum termasuk  soal pelayanan publik. Hal ini  dikarenakan mafia hukum dalam pengertian yang diberikan oleh satgas adalah semua tindakan oleh perorangan atau kelompok yang terencana untuk kepentingan  tertentu yang mempengaruhi penegak huum dan pejabat publik yang menyimpang dari ketentuan hukum yang ada.

Tentunya kita masih ingat bagaimana fakta mengenai keberadaan mafia pajak baru terbongkar saat kasus seorang gayus tambunan terkuak kehadapan publik. Selanjutnya mengenai rekening gendut seorang pegawai pajak yang berstatus PNS. Modus mafia hukum yang bergerak di bidang pajak dalam kenyataannya telah berlangsung lama tanpa kita sadari. Kasus-kasus yang berhasil diungkap tersebut tidak serta menunjukkan bahwa mafia hukum khususnya di bidang pajak telah berhasil di hilangkan di Indonesia. Pengungkapan tersebut hanya menunjukkan fakta bahwa memang terdapat celah bagi terjadinya penyimpangan hukum pajak di Indonesia.

Mafia HukumHal serupa juga terjadi dalam dunia peradilan di Indonesia. Mulai dari Pengadilan Negeri sampai di tingkat Mahkamah Agung tidak luput dari adanya modus atau praktek mafia peradilan. ada beberapa hasil penelitian yang telah menunjukkan adanya indikasi tersebut.

Praktek mafia hukum adalah praktek yang sangat meresahkan bagi masyarakat. Keberadaan orang-orang atau kelompok yang dapat menyebabkan terjadinya penyimpangan hukum jelas merupakan ancaman bagi terpenuhinya tujuan-tujuan hukum. Di sisi lain, hal ini juga dapat menghilangkan harapan masyarakat Indonesia dalam hal jaminan terhadap perlindungan hak-hak warga negara. Mari kita berantas mafia hukum di Indonesia.

    Share This Post !

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Mafia Hukum"