Pengantar Hukum Indonesia

Pengantar Hukum Indonesia

 

Pada kesempatan ini kami bermaksud mengurai beberapa hal sehubungan dengan pengantar hukum Indonesia. Pengantar hukum Indonesia merupakan mata kuliah yang biasanya disajikan kepada mahasiswa semester awal sebagai pengantar untuk mempelajari materi mengenai hukum Indonesia secara lebih spesifik.

 

Pengertian Pengantar Hukum Indonesia

Setiap negara memiliki spesifikasi hukum yang berbeda. Demikian pula dengan negara Indonesia. Pengantar hukum Indonesia untuk memperkenalkan hukum yang pernah dan masih berlaku di Indonesia secara umum. Mochtar K, dalam buku yang berjudul Pengantar (Sistem) Hukum Indonesia berpendapat bahwa Hukum Indonesia adalah keseluruhan kaedah dan asas yang mengatur kehidupan masyarakat serta lembaga-lembaga dan proses-proses untuk mewujudkannya dalam kenyataan hidup bermasyarakat.

Hukum di Indonesia adalah hukum campuran atau dapat pula disebut plural. Dalam hukum Indonesia terdapat beberapa pengaturan yang bersumber dari hukum eropa, hukum agama dan hukum adat. Terkhusus untuk hukum perdata dan pidana, hukum di Indonesia banyak kemiripan dengan hukum yang berlaku di Eropa Kontinental pada umumnya. Hal ini disebabkan pengaturan mengenai hukum perdata dan hukum pidana di Indonesia memang bersumber dari Negara Belanda yang diberlakukan di Indonesia pada masa penjajahan berdasarkan asas konkordansi. Sementara hukum islam dan hukum adat banyak mempengaruhi pengaturan hukum di Indonesia karena memang secara histori di Indonesia telah mengakar di masyarakat ketentuan mengenai hukum adat dan hukum islam.

 

Kedudukan, Obyek dan Tujuan Pengantar Hukum Indonesia

Kedudukan pengantar hukum Indonesia adalah sebagai mata kuliah dasar dan prasyarat awal untuk dapat mempelajari hukum di Indonesia (basic lervaak dan prerequisite).

Obyek yang dikaji dalam pengantar hukum Indonesia adalah hukum yang pernah dan sedang berlaku di Negara Indonesia secara umum. Kajian tersebut meliputi beberapa hal, antara lain: ciri khas tata hukum di Indonesia, sistem hukum di Indonesia, budaya hukum di Indonesia, lembaga pelaksana hukum di Indonesia, profesi hukum di Indonesia, dan lain sebagainya.

Secara umum tujuan mempelajari pengantar hukum Indonesia adalah agar dapat dipahami mengenai perbuatan atau tindakan-tindakan yang memiliki akibat hukum, perbuatan yang melawan hukum, kedudukan hukum seseorang dalam masyarakat, kewajiban dan wewenang seseorang dalam hukum Indonesia, serta untuk memahami pengetahuan dasar mengenai hukum di Indonesia.

Pengantar-Hukum-Indonesia

Materi mengenai pengantar hukum Indonesia akan kami ulas lebih lengkap pada artikel-artikel kami yang selanjutnya. Silahkan update terus informasi tentang hukum dari kami. Demikian semoga uraian mengenai mata kuliah pengantar hukum Indonesia ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


- Kedudukan Objek dan Tujuan Pengantar Hukum Indonesia - - pengertian asas konkordansi - - tujuan mempelajari mata kuliah pengantar hukum indonesia -
    Share This Post !

Advertisement

2 Responses to “Pengantar Hukum Indonesia”

  1. Sukri Nababan

    May 31. 2014

    pengertian pengantar hukum indonesia apakah sama dengan pengertian hukum indonesia ? jika sama coba berikan uraiannya, begitu juga sebaliknya * mohon pencerahannya *

    Reply to this comment
    • status hukum

      Jun 04. 2014

      Pengertian pengantar hukum indonesia adalah pengertian dari segi keilmuan gan, karena pengantar hukum indonesia itu salah satu mata kuliah yang diprogram terlebih dahulu sebelum program mata kuliah hukum Indonesia.

      Kalo dalam pengantar hukum Indonesia kita mmpelajari pengetahuan dasar atau bentuk umum dari hukum Indonesia, misalnya karakter dan ciri khasnya. Sedangkan Hukum Indonesia itu, keseluruhan kaidah hukum yang ada dan berlaku di Indonesia.

      Atau ada yang punya pendapat lain?

      Reply to this comment

Komentar terhadap "Pengantar Hukum Indonesia"