Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

 

Dunia hukum memang kerap menimbulkan perbedaan wacana yang selalu ramai untuk dibahas dan didiskusikan. Bukan hanya yang terkait langsung dengan penegakan hukum pada level praksis tetapi juga terhadap hal-hal yang bersifat teoritik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pendapat terhadap pengertian hukum yang diberikan oleh para ahli hukum. Itupun hingga saat ini belum menemukan kesepahaman, yang artinya belum ada kesepakatan mengenai apa itu pengertian hukum.

Sejalan dengan kondisi tersebut, pada bidang lainnya seperti hukum bisnis, juga terdapat beragam pengertian hukum bisnis menurut para ahli. Berbagai pengertian hukum bisnis menurut para ahli tersebut satu sama lain memiliki perbedaan, meskipun perbedaan tersebut bukanlah perbedaan mendasar. Sehubungan dengan hal tersebut, melalui artikel ini kami ingin berbagi informasi mengenai pengertian hukum bisnis menurut para ahli.

 

Beberapa Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian hukum bisnis menurut para ahli, antara lain:

  • Menurut Munir Fuady, pengertian hukum binis adalah suatu perangkat atau kaidah hukum termasuk upaya penegakannya yang mengatur mengenai tata cara pelaksanaan urusan atau kegiatan dagang, industri atau keuangan yang dihubungkan dengan produksi atau pertukaran barang atau jasa dengan menempatkan uang dari para enterpreneur dalam risiko tertentu dengan usaha tertentu dengan motif untuk mendapatkan keuntungan.
  • Menurut Dr. Johannes Ibrahim, SH, M.Hum,  dalam persepsi manusia modern, pengertian hukum bisnis adalah seperangkat kaidah hukum yang diadakan untuk mengatur serta menyelesaikan berbagai persoalan yang timbul dalam aktivitas antar manusia, khususnya dalam bidang perdagangan.

Istilah hukum bisnis merupakan terjemahan  dari â??business lawâ? dalam bahasa Inggris dan dari bahasa belanda, yakni â??bestuur rechtsâ?. Dalam ilmu hukum terdapat beberapa istilah terkait yang memiliki pengertian yang hampir sama, antara lain: hukum ekonomi, hukum perniagaan dan hukum dagang. Ketiga bidang dalam kajian ilmu hukum tersebut memiliki pengertian yang hampir sama dengan pengertian hukum bisnis.

Bisnis adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yakni â??businessâ?. Pengertian bisnis tersebut secara harfiah memiliki makna, yaitu kegiatan usaha.  Selain itu, terdapat pula pengertian bisnis yang diberikan oleh para ahli. antara lain pengertian bisnis menurut Hughes dan Kapoor adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Selanjutnya adalah pengertian bisnis menurut Brown dan Petrello yang menyebutkan bahwa bisnis â??is an institution wich produces goods and services demanded by peopleâ? atau suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

 Pengertian-Hukum-Bisnis-Menurut-Para-Ahli

Pengertian hukum bisnis menurut para ahli sebagaimana dimaksud diatas, tentu saja belum mencakup pandangan dari pakar hukum lainnya. Terdapat cukup banyak pengertian hukum bisnis menurut para ahli yang berbeda-beda dalam setiap referensi. Salah satu pengertian hukum bisnis menurut para ahli juga dapat temukan melalui artikel yang telah kami publikasikan sebelumnya yang berjudul definisi hukum bisnis.

Demikian uraian mengenai pengertian hukum bisnis menurut para ahli ini dibuat, semoga artikel mengenai pengertian hukum bisnis menurut para ahli ini dapat menjadi bahan diskusi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan di bidang hukum bisnis dan bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli"