Pengertian Hukum Secara Umum

Pengertian Hukum Secara Umum

 

 

Hukum adalah salah satu bidang ilmu yang memiliki banyak cabang. Hukum memiliki ranah yang sangat luas dan aspek yang sangat banyak untuk telaah. Aspek hukum meliputi hampir semua sendi-sendi kehidupan manusia sehari-hari.

Di bidang ekonomi kita mengenal hukum ekonomi, di bidang budaya kita mengenal hukum adat. Pelaksanaan kegiatan perkawinan diatur dalam hukum perkawinan. Pewarisan diatur dalam hukum waris. Mendirikan perusahaan diatur dengan hukum perusahaan. Sangat luas dan sangat banyak. Oleh karena itu sangat sulit untuk memberikan pengertian hukum secara umum.

Pengertian hukum secara umum oleh para ahli atau pakar hukum belum memiliki kesamaan pendapat. Masing-masing ahli dan pakar mencoba untuk membuat rumusan pengertian hukum secara umum namun tetap saja memiliki pengertian yang berbeda dengan rumusan pengertian hukum secara umum yang diberikan oleh pakar atau ahli lainnya.

Anda dapat melihat rumusan pengertian hukum secara umum yang diberikan oleh pakar atau ahli hukum pada artikel kami sebelumnya. Kami telah cukup banyak mengulas pendapat para pakar dan ahli hukum mengenai hukum itu sendiri dan perdebatan mereka serta pendapat mengapa hukum itu tidak dapat didefinisikan.

 

Rumusan Pengertian Hukum Secara Umum

Ketiadaan definisi hukum jelas menjadi kendala bagi mereka yang baru saja ingin mempelajari ilmu hukum. Tentu saja dibutuhkan pemahaman awal atau pengertian hukum secara umum sebelum memulai untuk mempelajari apa itu hukum dengan berbagai macam aspeknya.

Bagi masyarakat awam pengertian hukum itu tidak begitu penting. Lebih penting penegakannya dan perlindungan hukum yang diberikan kepada masyarakat. Tapi demikianlah, bagi mereka yang ingin mendalami lebih lanjut soal hukum pengertian hukum ini  tetap menjadi persoalan.

Pengertian-Hukum-Secara-UmumSehubungan dengan hal tersebut diatas, maka melalui artikel ini kami mencoba untuk mengurai rumusan pengertian hukum secara umum. Bukan pendapat kami, tetapi pendapat para pakar atau ahli hukum yang kemudian menjadi standar atau biasanya (mungkin tidak semua) dijadikan sebagai rumusan pengertian hukum di fakultas hukum.

Pengertian hukum secara umum menurut Utrecht dimaksudkan sebagai pegangan dan pedoman semata. Lebih jauh lagi Utrecht memberikan batasan pengertian hukum secara umum sebagai berikut:

â??Hukum adalah himpunan peraturan (berisi perintah dan larangan) yang mengurus tata tertib suatu masyarakat dan harus ditaati oleh masyarakat tersebutâ?.

 

Unsur  Pengertian Hukum Secara Umum

Rumusan pengertian hukum setidaknya mengandung unsur-unsur sebagai berikut:

  • Hukum mengatur tingkah laku atau tindakan manusia dalam masyarakat. Peraturan berisikan perintah dan larangan untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur perilaku manusia agar tidak bersinggungan dan merugikan kepentingan umum.
  • Peraturan hukum ditetapkan oleh lembaga  atau badan yang berwenang untuk itu. Peraturan hukum tidak dibuat oleh setiap orang melainkan oleh lembaga atau badan yang memang memiliki kewenangan untuk menetapkan suatu aturan yang bersifat mengikat bagi masyarakat luas.
  • Penegakan aturan hukum bersifat  memaksa. Peraturan hukum dibuat bukan untuk dilanggar namun untuk dipatuhi. Untuk menegakkannya diatur pula mengenai aparat yang berwenang untuk mengawasi dan menegakkannya sekalipun dengan tindakan yang represif.
  • Hukum memliki sanksi dan setiap pelanggaran atau perbuatan melawan hukum akan dikenakan sanksi yang tegas. Sanksi juga diatur dalam peraturan hukum.

Unsur-unsur yang disebutkan diatas merupakan unsur yang harus terdapat dalam pengertian hukum. Demikian, semoga artikel mengenai pengertian hukum secara umum dapat bermanfaat bagi anda.

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Pengertian Hukum Secara Umum"