Saat Diperlakukan Semena-mena oleh Polisi

Sering kali kita mendengar kasus-kasus pelanggaran yang dilakukan oleh polisi. Pelanggaran tersebut bisa terjadi saat penangkapan atau penahanan pada tahap lainnya. Pelanggaran itu bisa berupa penangkapan tanpa surat penangkapan, pemeriksaan dengan kekerasan yang mengakibatkan pihak yang diperiksa (tersangka) terluka, atau penggeledahan secara sepihak.

 

Jika mengalami kasus-kasus seperti itu, kita bisa melakukan beberapa upaya yuridis seperti mengajukan laporan atau pengaduan kepada lembaga pengawas internal seperti inspektorat pengawasan umum (Itwasum) dan Direktorat Profesi dan Pengamanan (DitProPam). Selain itu, kita juga dapat melaporkan hal tersebut kepada Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

 

Dalam hal adanya tindakan penangkapan atau penahanan yang dilakukan tanpa mematuhi prosedur yang sah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP), maka diajukan upaya praperadilan ke Pengadilan Negeri setempat.

 

perlakuan polisiSebelum melakukan sidang pra peradilan, kita perlu mendaftarkan permohonan praperadilan tersebut ke pengadilan negeri setempat. Praperadilan ini akan diperiksa oleh hakim tunggal. Pemeriksaan praperadilan tersebut dilakukan secara cepat dan dalam waktu selambat-lambatnya tujuh hari hakim sudah dapat memberikan putusan.

Menghadapi Kasus Hukum RAS (Tahun 2010).

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Saat Diperlakukan Semena-mena oleh Polisi"