Sumber Hukum Internasional

Sumber Hukum Internasional

Pengertian Sumber Hukum Internasional

Sumber hukum internasional adalah kumpulan peraturan dan prinsip-prinsip yang dijadikan sebagai rujukan oleh ahli atau pakar hukum internasional saat akan memberlakukan suatu ketentuan hukum. Sumber hukum internasional sangat mempengaruhi argumentasi hukum yang akan dikemukakan dalam suatu putusan hukum internasional.

Sumber Hukum Internasional

Kajian mengenai sumber hukum internasional secara umum hampir sama dengan kajian sistem hukum Indonesia. Hukum internasional juga mengenai pembedaan terhadap dua sumber hukum, yakni yang bersifat materil dan bersifat formil. Sumber hukum materil merupakan sumber hukum yang erat kaitannya dengan isi atau muatan atau materi hukum internasional, sedangkan sumber hukum formil merupakan suatu prosedur formal yang diakui dan menentukan valid atau tidaknya suatu sumber hukum. Pada umumnya sumber hukum internasional merujuk pada sumber hukum formil.

Sumber hukum internasional juga dapat dibedakan berdasarkan penggolongan dan sifat daya ikatnya. Berdasarkan penggolongannya, sumber hukum internasional dapat dibedakan menjadi penggolongan menurut sarjana hukum internasional dan penggolongan menurut statuta mahkamah internasional. Sedangkan berdasarkan sifat daya ikatnya, sumber hukum internasional dapat dibedakan menjadi sumber hukum primer dan sumber hukum subsider.

Sumber Hukum Internasional Berdasarkan Penggolongannya

Berdasarkan penggolongan sumber hukum internasional, terdapat perbedaan antara para sarjana hukum internasional dengan ketentuan yang telah dituangkan dalam statuta mahkamah internasional.

Para sarjana hukum internasional membagi sumber hukum internasional, antara lain : kebiasaan, traktat, keputusan pengadilan atau badan arbitrase, karya hukum, ketetapan atau keputusan lembaga-lembaga internasional. Sedangkan dalam statuta mahkamah internasional pada pasal 38 ayat (1) disebutkan bahwa sumber hukum internasional adalah perjanjian internasional, kebiasaan internasional dan keputusan pengadilan serta pendapat para ahli yang telah diakui kepakarannya.

Sumber Hukum Internasional Berdasarkan Daya Ikat

Berdasarkan daya ikatnya, sumber hukum internasional dapat dibedakan menjadi sumber hukum primer dan sumber hukum subsider. Sumber hukum primer merupakan sumber hukum internasional yang utama sedangkan sumber hukum subsider adalah sumber hukum tambahan yang tidak dapat diadakan tanpa adanya sumber hukum utama dan yang digunakan untuk melengkapi sumber hukum primer.

Sumber hukum primer dalam hukum internasional adalah perjanjian internasional, kebiasaan internasional dan prinsip hukum umum. Sedangkan sumber hukum subsider antara lain keputusan pengadilan dan pendapat para sarjana hukum internasional yang telah diakui kepakarannya.

Sebagai tambahan perlu dijelaskan bahwa kedudukan perjanjian internasional sebagai sumber hukum internasional hampir sama dengan kedudukan perjanjian dalam sistem hukum Indonesia. Artinya perjanjian internasional tersebut dapat dihormati dan diakui keberadaannya sepanjang tidak bertentangan dengan tujuan dan ketentuan umum dalam peraturan hukum internasional.

 Sumber-Hukum-Internasional

Pengertian mengenai perjanjian internasional sebagai sumber hukum internasional tersebut diatas, telah dituangkan dalam Undang-Undang RI No. 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, pada pasal 1, ayat (3) yang menyebutkan bahwa perjanjian internasional dalam bentuk dan sebutan apapun yang diatur oleh hukum internasional dan dibuat secara tertulis oleh Pemerintah RI dengan satu atau lebih negara, organisasi internasional atau subyek hukum internasional lainnya serta yang menimbulkan hak dan kewajiban pada Pemerintah RI yang beersifat hukum publik.

Ketentuan mengenai perjanjian internasional tersebut diatas, sejalan dengan pengertian perjanjian internasional dalam pasal 2, Konvensi Wina tahun 1969 diartikan sebagai suatu persetujuan yang dibuat antar negara dalam bentuk yang tertulis dan diatur oleh hukum internasional, baik dalam suatu instrumen tungal atau lebih yang saling berkaitan apapun nama yang diberikan pada perjanjian internasional tersebut.

Demikian artikel mengenai sumber hukum internasional ini dibuat semoga dapat bermanfaat bagi anda.


- penjelasan sumber hukum internasional -

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Sumber Hukum Internasional"