Tujuan Hukum Menurut Para Ahli

Tujuan hukum menurut para ahli sangat beragam. Sebagian besar pandangan terbagi dalam beberapa aliran atau paham, seperti: paham etis, utilistis, dogmatis. Pembedaan tujuan hukum menurut aliran hukum itu sesungguhnya telah kami ulas dalam artikel sebelumnya mengenai tujuan hukum. Untuk itu, agar dapat lebih mudah memahami uraian mengenai tujuan hukum menurut para ahli, kami sarankan anda agar terlebih dahulu membaca uraian kami mengenai tujuan hukum. Uraian mengenai tujuan hukum tersebut, telah kami posting sebelumnya dalam artikel yang berjudul tujuan hukum. Anda bisa menemukannya dengan mengikuti tautan ini tujuan hukum. Selanjutnya kami akan menguraikan beberapa tambahan mengenai tujuan hukum menurut para ahli yang belum sempat kami uraikan dalam artikel sebelumnya.

 

Beragam Tujuan Hukum Menurut Para Ahli

Tujuan hukum menurut para ahli ada bermacam-macam. Ada yang berpendapat bahwa tujuan hukum itu mengikuti apa yang menjadi tujuan negara, ada juga yang menyatakan bahwa tujuan hukum adalah mewujudkan perdamaian, dan lain sebagainya. Bahkan oleh karena sangat beragamnya pendapat mengenai tujuan hukum menurut para ahli, para ahli hukum ini terbagi dalam beberapa aliran atau paham, diantaranya adalah kelompok utilistis, kelompok etis, kelompok yuridis dogmatis dan lain sebagainya.

 

Tujuan Hukum Menurut Para Ahli

Eksistensi hukum yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat adalah memiliki tujuan yang ingin diwujudkan. Tujuan secara etimologi adalah sesuatu yang ingin dicapai atau diwujudkan oleh hukum. Terdapat beragam pendapat mengenai tujuan hukum menurut para ahli. Berikut ini akan kami ulas beberapa pendapat mengenai tujuan hukum menurut para ahli.

Menurut Prof. Subekti SH., tujuan hukum adalah :

Mengabadi pada tujuan negara yang pada pokoknya tujuan negara adalah mewujudkan kemakmuran dan memberikan kebahagiaan pada rakyat di negaranya. Tujuan hukum tidak hanya untuk memperoleh keadilan tetapi harus ada keseimbangan antara tuntutan kepastian hukum dan tuntutan keadilan hukum. Hal tersebut dinyatakan dalam bukunya yang berjudul Dasar-dasar hukum dan pengadilan.

Menurut Prof. Mr. J. Van Kan, tujuan hukum adalah :

Untuk menjaga kepentingan setiap manusia agar kepentingan tersebut tidak diganggu atau terganggu.

Menurut Prof. Mr. Dr. L.J Van Apeldoorn, tujuan hukum adalah :

Untuk mengatur pergaulan hidup manusia secara damai karena hukum menghendaki perdamaian. Hal itu dinyatakan dalam bukunya yang berjudul “Inleiding tot de studie van het Nederlandse recht”.

Menurut Jeremy Bentham, tujuan hukum adalah :

Semata-mata untuk mewujudkan apa yang berfaedah bagi orang. Jeremy Bentham adalah seorang yang menganut teori utilistis. Hal ini dinyatakan dalam bukunya yang berjudul “Introduction to the morals legislation”.

Menurut Geny, tujuan hukum adalah :

Semata-mata untuk mewujudkan keadilan. Di dalam keadilan tersebut, terdapat unsur yang dikatakan kepentingan daya guna dan kemanfaatan. Hal tersebut dinyatakan Geny dalam “Science et technique en droit prive positif.

Tujuan-Hukum-Menurut-Para-Ahli
Tujuan Hukum Menurut Para Ahli

 

Kesimpulan Tujuan Hukum Menurut Para Ahli

Sebenarnya masih ada banyak lagi pendapat mengenai tujuan hukum menurut para ahli yang berbeda-beda. Namun sebagian besar dari pendapat yang berbeda tersebut, dapat dikelompokkan dalam 3 pandangan yang sama, yakni mereka yang menganggap tujuan hukum semata-mata untuk menciptakan kepastian hukum, memberikan manfaat dan untuk menciptakan keadilan. Gustav Radbruch kemudian menyusun pandangan mengenai tujuan hukum tersebut dalam skala prioritas secara berurutan, antara lain: menciptakan keadilan, lalu kemanfaatan dan yang terakhir adalah menciptakan kepastian hukum itu sendiri.

Itulah sekelumit tujuan hukum menurut para ahli. Sesungguhnya masih banyak lagi pendapat mengenai tujuan hukum menurut para ahli, namun hal tersebut akan kami urai lebih jauh dalam artikel-artikel kami yang selanjutnya. Demikian uraian singkat dari kami mengenai tujuan hukum menurut para ahli ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

    Share This Post !

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Tujuan Hukum Menurut Para Ahli"