Unsur-Unsur Hukum

Unsur-Unsur Hukum dapat diketahui dengan menelaah definisi hukum secara umum dan membaginya dalam beberapa materi pokok yang terkandung dalam definisi itu. Namun, sebelum mengurai apa saja unsur-unsur hukum, maka penting untuk dipahami bahwa definisi hukum yang akan digunakan dalam artikel ini bukanlah definisi hukum yang disepakati oleh para pakar atau ahli hukum. Oleh karena hingga saat ini belum ada kesepahaman dari para pakar atau ahli hukum mengenai definisi hukum itu sendiri.

Unsur-unsur hukum yang akan diurai disini adalah unsur-unsur hukum yang bersumber dari definisi hukum secara normatif. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan kita semua dalam memahami ilmu hukum secara normatif.

 

Menelaah Unsur-Unsur Hukum

Untuk dapat menelaah unsur-unsur hukum, perlu diurai terlebih dahulu definisi hukum. Definisi hukum yang dapat dijadikan acuan dalam menelaah unsur-unsur hukum adalah definisi hukum secara umum, yakni yang memberikan batasan yang tidak terlalu spesifik terhadap hukum. Salah satu pakar hukum yang memberikan definisi hukum secara umum adalah Utrecht.

Menurut Utrecht hukum adalah himpunan peraturan-peraturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat, dibuat oleh lembaga yang berwenang dan bersifat memaksa serta berisi perintah dan larangan yang apabila dilanggar akan mendapat sanksi.

Definisi hukum yang diberikan oleh Utrecht tersebut diatas adalah definisi hukum secara umum. Hal ini telah pernah kami bahas dalam artikel yang telah kami posting sebelumnya. Untuk itu, silahkan anda baca artikel yang berjudul Definisi Hukum Secara Umum.

 

Unsur-Unsur Hukum

Berdasarkan definisi hukum secara umum sebagaimana tersebut diatas, untuk selnajutnya dapat diurai unsur-unsur hukum yang terkandung dalam definisi tersebut, sebagai berikut:

  • Peraturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat
  • Peraturan dibuat oleh lembaga yang berwenang
  • Peraturan bersifat memaksa
  • Peraturan memiliki sanksi
Unsur-Unsur-Hukum
Unsur-Unsur Hukum

 

Penjelasan Unsur-Unsur Hukum

Unsur-unsur hukum yang telah diuraikan berdasarkan definisi hukum tersebut, selanjutnya dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Yang dimaksud dengan peraturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat adalah peraturan hukum yang berisi pengaturan yang bersifat kompleks guna mengatur kehidupan bermasyarakat agar dapat terwujud tujuan hukum, yakni keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum.
  • Yang dimaksud dengan dibuat oleh lembaga yang berwenang adalah bahwa suatu peraturan hukum harus dibuat oleh lembaga yang memang memiliki kewenangan untuk membuat peraturan tersebut. Tidak semua orang memiliki kewenangan membuat peraturan, sehingga antara peraturan yang satu dengan peraturan yang lain dapat terwujud harmonisasi sebagai sistem hukum yang saling mendukung dan tidak saling bertabrakan.
  • Yang dimaksud dengan bersifat memaksa adalah peraturan hukum itu harus ditegakkan. Untuk menegakkan peraturan hukum, maka dibuat pengaturan mengenai alat-alat penegak hukum atau aparat penegak hukum.
  • Yang dimaksud dengan memiliki sanksi adalah pelanggaran terhadap hukum akan dikenai sanksi sesuai dengan tingkat pelanggarannya yang diputuskan oleh pengadilan.

Unsur-unsur hukum tersebut diatas harus terkandung dalam hukum sehingga hukum dapat disebut dengan hukum. Apabila salah satu dari unsur-unsur hukum tersebut tidak ditemukan, maka sesuatu itu tidak dapat disebut sebagai hukum. Meski demikian, unsur-unsur hukum tersebut, diambil dari definisi hukum secara umum. Tentunya ada banyak pandangan yang berbeda terhadap definisi hukum. Oleh karena unsur-unsur hukum tergantung kepada cara pandang kita terhadap rumusan definisi hukum, maka akan perbedaan pandangan dalam mengurai unsur-unsur hukum. Demikian artikel mengenai unsur-unsur hukum ini dibuat semoga dapat menjadi bahan diskusi yang bermanfaat bagi kita semua.


- hukum menurut definisi barfield - - unsur lem baga hukum - - unsur lembaga hukum - - unsur pokok hukum internasional - - unsur unsur hukum ada berapa - - unsur-unsur pembentuk hukum kesehatan - - www unsur- unsur negara hukum di indonesia -
    Share This Post !

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Unsur-Unsur Hukum"