Unsur-Unsur Hukum

Unsur-Unsur Hukum

 

Unsur-unsur hukum dapat diketahui dengan melihat definisi hukum dan membaginya dalam beberapa kandungan atau materi pokok. Namun, sebelum mengurai apa saja unsur-unsur hukum, maka penting untuk dipahami bahwa definisi hukum yang akan digunakan dalam artikel ini bukanlah definisi hukum yang disepakati oleh para pakar atau ahli hukum. Oleh karena hingga saat ini belum ada kesepahaman dari para pakar atau ahli hukum mengenai definisi hukum itu sendiri.

Unsur-unsur hukum yang akan diurai disini adalah unsur-unsur hukum yang bersumber dari definisi hukum secara normatif. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan kita semua dalam memahami ilmu hukum secara normatif.

 

Unsur-Unsur Hukum

Secara normatif, definisi hukum terdiri dari beberapa unsur sebagai berikut:

  • Peraturan-peraturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat
  • Dibuat oleh lembaga yang berwenang
  • Bersifat memaksa
  • Memiliki sanksi

 

Unsur-unsur hukum bersumber dari pengertian hukum secara normatif. Yang dimaksud dengan peraturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat adalah peraturan hukum yang berisi pengaturan yang bersifat kompleks guna mengatur kehidupan bermasyarakat agar dapat terwujud tujuan hukum, yakni keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum.

Yang dimaksud dengan dibuat oleh lembaga yang berwenang adalah bahwa suatu peraturan hukum harus dibuat oleh lembaga yang memang memiliki kewenangan untuk membuat peraturan tersebut. Tidak semua orang memiliki kewenangan membuat peraturan, sehingga antara peraturan yang satu dengan peraturan yang lain dapat terwujud harmonisasi sebagai sistem hukum yang saling mendukung dan tidak saling bertabrakan.

Yang dimaksud dengan bersifat memaksa adalah peraturan hukum itu harus ditegakkan. Untuk menegakkan peraturan hukum, maka dibuat pengaturan mengenai alat-alat penegak hukum atau aparat penegak hukum.

Unsur-Unsur-HukumYang dimaksud dengan memiliki sanksi adalah pelanggaran terhadap hukum akan dikenai sanksi sesuai dengan tingkat pelanggarannya yang diputuskan oleh pengadilan.

Unsur-unsur hukum tersebut diatas harus terkandung dalam hukum sehingga hukum dapat disebut dengan hukum. Apabila salah satu dari unsur-unsur hukum tersebut tidak ditemukan, maka sesuatu itu tidak dapat disebut sebagai hukum.

Demikian artikel mengenai unsur-unsur hukum ini dibuat semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


- unsur apa saja yg terdapat dlm pngertian hukum - - unsur-unsur perusahaan dalam kepastian hukum -

Advertisement

No comments.

Komentar terhadap "Unsur-Unsur Hukum"